cara belajar servis hp ( handphone ) bagi pemula dengan benar - Telepon genggam HP atau Handphone adalah alat komunikasi portable yang memiliki fungsi utama untuk mengirim dan menerima data (Komunikasi) baik dalam bentuk voice (Suara) dan text (SMS). Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi khususnya elektronika digital dan pemrograman berbasis microprocessor atau komputer, sekarang HP sudah memiliki fitur yg sudah lebih berkembang dan bahkan bisa dibilang lebih maju ke arah Multimedia, jadi cara servis hp lebih kompleks dari sekedar fungsi utamanya. Ponsel sekarang ini sudah mulai dikembangkan menjadi smartphone identik dengan mini komputer yg didalamnya bisa lebih fleksibel dipasang aplikasi multimedia sesuai dengan kebutuhan pengguna dan juga tidak lagi berbasis firmware biasa tapi sudah flashable OS (Operating System).

Cara Servis HP dan memperbaikinya 

membutuhkan mekanisme yang tidak biasa-biasa dan dengan pengetahuan seadanya saja karena handphone saat ini sudah mengintegrasikan banyak lapisan teknologi didalamnya dalam ukuran micron. Untuk bisa service hp anda akan membutuhkan banyak dasar-dasar servis hp yang lebih dari biasanya dan persiapan tools alat dan dongle yang lebih universal. Tujuannya supaya bisa lebih hemat investasi anda kedepannya, karena kalau setiap merk hp anda menggunakan satu tools profesional maka biayanya akan sangat besar, karena memang perangkat untuk memperbaikinya pada ponsel-ponsel tertentu butuh perlengkapan dan kabel sangat khusus dan harganya cukup mahal, itu untuk donglenya saja belum peralatan dasar seperti komputer dan aksesoris lainnya.

Untuk bisa servis hp hingga ke level professional maka yang paling awal adalah tentukan tujuan anda belajar cara servis hp ini :

POIN-1 : Anda menekuni servis hp untuk sekedar belajar dan mengembangkan pengetahuan anda mengenai ponsel? Jika jawabannya ya, maka cukup anda belajar setekun mungkin mulai dari dasar-dasarnya dahulu usahakan sampai pakem, kalau sudah maka anda bisa mempelajari teknik reparasi hp pada level yang lebih tinggi. Anda bisa mulai kapan saja sesuai dengan waktu yang anda punya.

POIN-2 : Anda mempelajari servis hp untuk dijadikan peluang pekerjaan dan usaha kedepannya? Jika ya, maka anda tidak hanya mempersiapkan POIN-1 diatas saja, tapi lebih dari itu anda harus lebih pro-active artinya tidak statis dengan satu materi saja supaya kelak anda bisa mengembangkan pengetahuan anda agar lebih kompleks dan menemukan dengan gaya belajar anda sendiri teknik perbaikan hp yg lebih cepat dan praktis serta hasil perbaikan yang awet. Dan berusahalah mulai melihat, mengevaluasi tempat waktu dan habitat yang tepat bersama dengan rekan-rekan anda yang sepemikiran atau yang berkutat dibidang servis maupun aksesoris hp.

Tujuan Menemukan Alasan Belajar Servis hp

supaya anda memiliki peta dan jalur yang jelas kedepannya. Dan ini menjadi jawaban dari sekian banyak evaluasi, tentang : Mengapa mereka-mereka yang tidak berasal dari bidang Elektro, HP, IT, sekalipun bisa menguasai teknis reparasi hp ke jenjang lebih professional? Karena memiliki visi dan tujuan yang jelas dari awal. Dan dari sini sebenarnya bisa ditarik kesimpulan bahwa servis hp bisa dipelajari siapa saja dan dari background pendidikan apa saja apalagi bagi anda yg sebidang, dengan catatan mau betul-betul mengusahakannya dan memiliki peta sesuai poin diatas.

Setelah anda menemukan dan memahami POIN-2 penting diatas sebagai acuan dan dasar sebelum belajar cara servis hp sepenunya, maka berikutnya adalah urutan cara servis hp karena dengan memahami ini maka anda akan tahu dengan sendirinya, mana yang anda perluakan untuk mendalamai dan mempelajarinya, dan tools maupun alat seperti apa saja yang perlu anda tambahkan untuk mendukung servis hp anda supaya bisa menangani hp dengan merk, seri, dan tipe yang lebih barudan modern.

langkah demi tahap belajar servis hp dari awal diagnosa


STEP-1 : Mengenal jenis dongle dan service tool untuk flashing handphone dan servis hp karena OS. Mulai dari cara instalasinya, cara menggunakannya, dan cara ngeflash dengan file BIN / FLS yang tepat sesuai dengan firmware maupun OS Hp (Untuk SmartPhone) dengan kabel data flash baik RJ-45 / USB yang sesuai. Mengapa ini dijadikan urutan pertama? Ingat : Handphone dan Smartphone adalah perangkat portable digital yang didalamnya ada program yang menginisialisasi karakteristik komponen yg terintegrasi didalamnya, Jadi awal diagnosanya adalah menggunakan service tools yg berhubungan dengan program untuk menentukan mana chipset maupun komponen yang nantinya harus diperbaiki atau diganti berdasarkan checksum maupun report yang muncul pada saat hp dikoneksikan ke flasher. Lain jika anda akan memperbaiki perangkat yang orientasinya hardware, maka urutan pertama jelas : elektronika analog dahulu. (Pastikan di STEP-1 ini benar-benar bisa dan terbiasa, sehingga diagnosa komponen bisa akurat dan hasil perbaikannya logis serta tidak sekedar spekulatif)

STEP-2 : Menambah pengetahuan mengenai dasar-dasar elektronika analog, mulai dari memahami karakteristik komponen aktif, pasif. Kemudian cara membaca nilai dan karakteristik komponen berdasarkan seri dan tipenya, Cara pengukuran komponen, memahami forward dan reverse bias, memahami inpu dan output vcc yg nantinya meningkat ke clock dan data. Setelah anda melewati check pada STEP-1 disana anda sebenarnya sudah menemukan komponen mana yang harus di cek maupun diperbaiki atau diganti lebih lanjut. Andapun sudah mengetahui apakah perlu di flash ulang atau tidak. Jika sudah menemukannya, anda tinggal mencocokan hasil pengukuran komponen maupun jalur PCB tersebut dengan datasheet, Jika sudah sesuai maka komponen tidak perlu diganti, selanjutnya kembali cek dengan service tools di STEP-1, jika pada saat HP maupun smartphone di reboot dengan flasher sudah mengeluarkan checksum dan tidak ada indikasi error yg berarti, berarti program pada Hp sudah bagus, dan HP siap dinyalakan, setelah dinyalakan nanti tinggal mengikuti indikasi berikutnya, Intinya program pada ic-flash hp atau smartphone tersebut sudah bagus dan benar lebih dahulu dan sudah ada tanda-tanda booting, kalau yang lainnya tinggal ukur-ukur dan cek hardware, Karena jika tiba-tiba langsung otak atik hardware hasilnya bisa tidak tepat (Missmatch) dan bisa lebih fatal.

Secara global dan garis besar mekanisme service hp sebenarnya pada dua poin step diatas dan yang paling penting ada di STEP-1, alasannya sudah dijelaskan diatas. Untuk lainnya seperti : 

  1. ganti LCD
  2. keypad
  3. ic-charging
  4. ic-power
  5. ic-pa
  6. resistor
  7. capacitor tantalum micron
  8. transistor
  9. dan komponen lainnya


itu adalah segi Pro-Active anda dalam mengembangkan konsep diatas. Karena spare part yang disebutkan diatas jika dipasang maupun copot sudah melewati step diatas, maka hasil analisa dan perbaikannya akan lebih akurat.

Berikut ini jenis dongle atau alat tempur servis hp (service tools HP) yang paling banyak digunakan dari jaman dulu sampai sekarang ini, karena lengkap dan cocok untuk berbagai kalangan karena terjangkau


Inilah Jenis Alat alat seperti 




Cara Belajar Servis HP Bagi Pemula

UFS (Universal Flasher Software)


 adalah BOX flasher yg biasa digunakan untuk servis hp berbagai merk seperti NOKIA (Dct3,4,DCTL,WD2,BB5, Repair UI, Rpl, Dll), LG, SHARP, SAMSUNG, Sony Ericsson, Siemens. Tapi paling banyak dipakai untuk Nokia. Meskipun support untuk hp lain. Untuk hp selain nokia, flasher ini bisa untuk memperbaiki : flash, gdfs, cnt, mcu, ppm area, bootcore, eeprom zone, dll (Simak spesifikasi lengkap di boxnya). Setiap teknisi ponsel dari berbagai kelas perbaikan, rata-rata memiliki service tools ini, karena bisa bisa untuk flasher inti atau bisa untuk cadangan kalau flasher spesifik sesuai merk dan seri hp sedang ngadat misalnya, juga penggunaannya yang relatif lebih mudah serta tidak serumit flasher yg khusus spesifik per-merk/tipe hp.

Chip HWK (Hardware Key) 


adalah chip yang fungsinya untuk mengaktifkan UFS Box agar memuat fitur yang lebih canggih dan extra serta sanggup untuk servis hp maupun golongan smartphone dengan merk dan seri baru, karena dengan chip hwk ini anda akan mendapatkan support langsung dari server sarasoft dan hwk ini, jadi sebenarnya sangat lengkap jika anda memahami cara menggunakannya dan menggunakan Chip Smart Card UFS maupun HWK yang Original bukan clone.

Kabel flash HandPhone 


ada yang per-PCS ada yg modelnya UFC (Universal Flash Cable). UFC itu satu dongle usb cable bisa digunakan sebagai kabel data flash berbagai jenis tipe dan merk Hp khususnya nokia, anda tinggal switch tegangan/Vcc pada kutub (+), Min (-), dan BSI Line sesuai hp yg akan di flash, menentukan titik PIN letak jalur PCB yang akan masuk ke IC-Flash HP, anda bisa menggunakan program UFC Pin Finder untuk menentukan pinnya.

Direct Dongle USB Cable 


yaitu kabel data flash yang tidak melalui konversi melalui box flasher khusus seperti ufs dan semacamnya yang disebutkan diatas. Kabel USB tipe ini biasanya dan bisa digunakan untuk falsh servis hp smartphone Blackberry, Hp China, yang konsepnya jenis IC-CPU dan data Rx Tx IC-Flash cukup terdeteksi addressnya maka dengan kabel USB saja sudah bisa diflash, dan memang untuk BlackBerry dan yang serumpun, memang memberikan support untuk update OS istilahnya untuk user, dan flashing untuk teknisi menggunakan mekanisme tersebut.

JAF (Just dA Flasher) Odeon 


yaitu dongle yang berfungsi untuk flash HP nokia dengan fitur yang identik dengan UFS, box jaf ini saat ini jarang dipakai, dan sebenarnya JAF ini tokcer untuk memperbaiki RPL pada nokia BB5 selain MX-BOX maupun MX-Key dongle. (Namun jika anda punya file PM yg bagus dan sesuai)

Griffin BOX identik dengan UFS


fungsinya sama. Support NOKIA : DCT3, DCT4, DCTL, TIKU-BT2, TDMA, bisa juga digunakan untuk servis hp merk lain (Siemens, Panasonic, Sendo, Maxon, Telital, SE, Sharp, jika anda mengaktifkan CRD dan Crusader, kalau di UFS mirip dengan HWK.

Rolis tools untuk DCT3


khususnya, cukup dengan kabel flash standar saja. Biasanya menggunakan LPT untuk flash dan servis hp melalui COM port untuk unlockingnya.

Dream Box untuk sony ericsson


bisa untuk full flash, repair GDFS CID (Red, Brown, Dll), red blink irda, restart, dan Test point untuk hp SE yg bandle di flash.

SE-Tools 


fungsinya identik dengan dreambox dan bisa di gabungkan dengan UFS, jadi kalau digabungkan itu : SE-Tools sebagai smart cardnya, dan UFS untuk interface flashernya, tapi kalau dijalankan sendiri-sendiri juga bisa untuk servis hp yg kena OSnya.

Davinci untuk servis 


hp sony yang kena GDFS dan CID hp SE melalui log server khusus.


Martech khusus 

untuk servis hp siemens dan bisa untuk test point tanpa harus membongkar ic flash, menggunakan algoritma khusus. Martech kini jarang yang menggunakan, meskipun ada beberapa hp yg bisa diselesaikan dengan martech ini.

D-Ultimate Log Supreme 


digunakan khusus untuk servis hp yg kena CID dan GDFS pada Sony Ericsson, bisa juga untuk flash, dan unlocking band frekuensi gsm jika diperlukan. Dengan D-Ultimate ini, proses test point bisa di bypass tanpa bongkar harware, namun harga tools ini cukup mahal, lognya saja sudah mahal. Tapi memang kemampuannya benar-benar mempermudah teknisi hp, yg biasanya kalau test point IC flash bisa sampai pegal dan pusing hingga mata bisa berkedut-kedutan mengingat pin dan jalurnya berukuran +-1Mm saja dan biasanya berada di tengah body ic. Tapi dengan d-ultimate bisa lebih praktis.

Wotan BOX 


identik fungsinya dengan davinci menggunakan log server sebelum anda bisa servis hp yang anda ingin unlock maupun repair eepromnya.

Spiderman BOX


Untuk servis HP china atau HP smartphone lainnya seperti BlackBerry dengan catatan Jenis IC-CPU dan IC-Flash HP yang akan diperbaiki terdeteksi lebih dahulu melalui Kabel Flash RJ-45 dan USB Smart Pin Finder. Spiderman ini identik dengan Avator dan saat ini semakin banyak digunakan. Jenis dongle ponsel china ini juga bisa digunakan untuk full flash beberapa seri smartphone blackberry maupun alternatif cara reset hp blackberry tanpa menggunakan kode reset factory default manual.

Direkomendasikan menggunakan alat flash servis hp BOX dan Chip Smart Card yg OEM original jangan yang clone karena nanti anda akan mendapatkan support update dan download lebih banyak langsung dari pabrikan flashernya, terutama jika anda mengalami perbaikan yang pelik dan membutuhkan file khusus baik frimware maupun bootcorenya, maka support update dari server sangat dibutuhkan. Untuk login ke server utama tidak hanya menggunakan username, pass atau account biasa saja, tapi harus login juga menggunakan Smart card bentuknya seperti sim yg masuk pada modul card reader, smart card ini akan mendeteksi kalau box anda oem jika tidak atau clone saja maka akan langsung di pending server, jadi sistem login dan autentikasinya sudah canggih dan ketat. (Account + HardWare Key) itu intinya.

Dibawah ini adalah materi tambahan mengenai perlengkapan dan alat maupun service tools yang biasa digunakan untuk servis hp, mulai dari kelas standar sampai professional, dan anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan visi atau keinginan anda dalam hal servis hp ini, berikut beberapa tipe peralatan untuk repair ponsel :

Alat-1 (Standar) : PC Kelas Value, Obeng, Drei Minus + kembang, Penggong (Papan penjepit PCB), Pinset Lengkap, Tang lancip, tang besar, solder, tinol, siongka, lotfet, lapu neon duduk, ini digunakan sebagai alat dukung saat anda servis hp karena hardwarenya.

Alat-2 (Menengah) : Kaca pembesar Loop, Mikroskop, Mini Lamp (Untuk lihat kaki IC dan seri), BGA Rework Satations (blower Standar) untuk copot pasang ic bga. Ini berguna sekali mana kala anda sedang servis hp yang menggunakan pcb micron double layer.

Alat-3 (Professional) : PC kelas MainStream atau Kelas Performance (Untuk Multi Flash dalam Satu port) sehingga jika anda sedang servis hp yang jumlahnya banyak, anda tidak perlu lagi mengerjakan satu-satu, proses flash bisa di multi tasking dalam satu port. 4-10 servican HP bisa dikerjakan dalam satu waktu secara simultan. BGA Rework Satations (BIG + Auto Heater) semua seri dan tipe, untuk membantu bongkar pasang IC-BGA. Kaca pembesar digital USB yg bisa di display ke monitor LCD, yang 19-21inch kan cukup besar dan lebih jelas, terutama saat test point.

Jika anda baru memulai servis hp maka cukup menggunakan tools dan alat-alat yang versi standar dahulu (Alat-1), jika kebutuhan anda sudah semakin meningkat dan jam terbang semakin tinggi maka lanjut ke peralatan midle atau yang lebih lengkap tapi menengah (Tambahkan Alat-2), jika sudah lebih dari itu maka lanjut jika anda membutuhkan ke perangkat professional (All in One - Alat-1 sampai Alat-3).

Kesimpulan :

Sementara itu yang bisa disampaikan mengenai dasar-dasar cara servis dan reparasi handphone dengan berbagai alat dan service tools. Apapun alasan dan tujuan anda belajar servis hp, entah untuk sekedar belajar maupun ingin berpenghasilan semua sudah disediakan dengan urutan penjelasan yang kronologis lengkap dengan fasilitas download didalamnya. Semoga bermanfaat positif dan inspiratif dan sukses untuk anda.